Leader Who Make a Defferent (NonProfit)

Bab satu:

Pada Bab ini mencoba mendefinisikan kepemimpinan yang ada di setiap tingkat organisasi. Dimana tujuan dari kepemimpinan itu adalah untuk meningkatkan kinerja untuk selalu membuat kemajuan dan untuk mendorong perubahan.

Seorang Pemimpin itu:

  1. Bersikap terus bergerak, bekerja dan berbuat.
  2. Membawa orang bersama-sama untuk membangun tim.
  3. Mencari mitra dan menciptakan kepercayaan.
  4. Mengembangkan sumber-sumber baru pendanaan dan sumber daya.
  5. Mengajak orang lain dalam dalam perjuangan, pendekatan secara persuasif dan mampu memberikan inspirasi bagi orang lain dengan semangat, berpikir jernih dan selalu fokus.

Pemimpin nirlaba adalah pengusaha sosial. Pemimpin ini hanyalah energi bagi sebuah organisasi. Pemimpin tipe ini tidak pernah ambil pusing dengan manajemen atau administrasi organization.sementara para pengelola lebih memilih stabilitas dan kepastian, yang menyukai perubahan, kompleksitas, inovasi dan ketidakpastian.

Leavitt mengatakan pemimpin penemu jalan sedangkan manajer pemecah masalah. Umumnya para pemimpin tidak mengelola dengan baik dan manajer tidak berhasil memecahkan masalah dengan keahlian yang mereka miliki, menyatukan keinginan dan perbedaan pola berpikir yang mereka miliki adalah kunci kesuksesan seorang pemimpin.

sebelas isu utama dimana seharusya fokus seorang pemimpin nirlaba dari sejumlah waktu yang mereka habiskan:

  1. Pengumpulan dana
  2. Posisi organisasi
  3. Mengukur efektivitas layanan yang ditawarkan
  4. Membangun/mempertahankan/inspirasi Dewan Direksi
  5. Membentuk aliansi/koalisi
  6. Menyediakan komunitas kepemimpinan yang aktif
  7. Mewawancara, memeriksa dan merekrut karyawan dan mendaftarkan relawan
  8. Meningkatkan kualitas program
  9. Merancang infrastruktur organisasi
  10. Memelihara/mengembangkan hubungan pribadi yang baik dengan pelanggan
  11. menyesuaikan perubahan diluar organisasi dengan lingkungan dalam organisasi sehingga organisasi menemukan jalan baru yang lebih baik.

Seorang pemimpin apabila ditanya bagaimana anda mencapai hal ini? ia menjawab, saya akan melakukan apa saja. Jadi peran utama seorang pemimpin nirlaba adalah sebagai pengatur arah sebuah organisasi. Pemimpin harus mengamati dan memahami kegiatan dunia saat ini dan kemungkinan kejadian dimasa yang akan datang dengan sangat hati-hati.

Enam peran kepemimpinan:

  • Visioner
  • Ahli strategi
  • Politikus
  • Kampanye
  • Pelatih
  • Agen perubahan

Mari kita mulai dengan gagasan bahwa perhatian para pemimpin yang dapat setiap saat terfokus pada satu atau lebih dari empat arah berikut:

  1. Dalam organisasi, di mana pemimpin berinteraksi dengan perusahaan, staf dan relawan untuk menginspirasi, mendorong, bergairah, dan memberdayakan mereka.
  2. Di luar organisasi, di mana pemimpin mencari bantuan atau dukungan dari donor, pembuat kebijakan/pemberi hibah, Sekutu potensial, media, atau pemimpin lain dalam bisnis atau sektor public.
  3. Operasi sekarang, di mana pemimpin prihatin tentang kualitas layanan kepada klien dan masyarakat dan struktur juga organisasi, sistem informasi dan aspek-aspek lain dari efektivitas organisasi.
  4. Kemungkinan masa depan, di mana pemimpin mengantisipasi tren dan perkembangan yang cenderung memiliki implikasi penting bagi arah masa depan organisasi.

Pemimpin-pemimpin besar unggul dalam setiap peran. Ciri-ciri kepribadian yang relevan dari pemimpin-pemimpin besar seperti yang dijelaskan oleh Yukl dan Gardner adalah:

  1. Melihat kedepan dan kreatif
  2. Energi tinggi dan berkualitas
  3. Bergairah mencapai tujuan bersama
  4. Mampu menghadapi tekanan
  5. Fleksibel
  6. Bersedia untuk mencoba
  7. Antusias
  8. Percaya diri
  9. Dipercaya atas yang mereka pimpin
  10. Pengendalian diri
  11. Kematangan emosional
  12. Hingga menantang situasi
  13. Integritas, jujur
  14. Kuat fisik dan stamina
  15. Menciptakan energi dalam diri orang lain
  16. Pintar, cerdas
  17. Mempertimbangkan setiap tindakan
  18. Bersedia untuk menerima tanggung jawab
  19. Kompeten dalam tugas
  20. Efektivitas
  21. Tegas
  22. Paham terhadap karyawan, pelanggan dan stakeholder
  23. Kemampuan untuk memotivasi dan menginsprirasi, karismatik
  24. Berani, memutuskan dan sabar
  25. Kapasitas untuk menang/memperoleh dan memegang kepercayaan
  26. Tekad bulat, gigih, tekun dan tindak lanjut
  27. Terus menaik, mendominasi dan tegas
  28. Berkemampuan beradaptasi atau fleksibilitas dari pendekatan
  29. Mampu menaikkan target secara signifikan pada para karyawan, pelanggan, dan pemegang saham.

Kebaikan yang lebih besar

Misi utama kepemimpinan di nirlaba adalah seperti laser fokus dimana seluruh perhatiannya terfokus untuk kebaikan organisasi, mampu memberikan serta mengumpulkan energi dan sumber daya yang diperlukan. Kontribusi untuk kebaikan sosial adalah satu ukuran paling penting keberhasilan organisasi nirlaba.

Para penulis mendefinisikan kata modal sebagai aset dengan potensi yang produktif. Energi sosial harus dihasilkan oleh non-keuntungan bagi mereka untuk menjadi sukses. Energi kekuatan organisasi nirlaba.

Organisasi nirlaba memiliki mandat dan harus memenuhi kebutuhan untuk perubahan tertentu dalam tatanan sosial yang saat ini secara luas didukung atau mampu didukung jika isu-isu yang ditangani oleh organisasi lebih luas dikenal oleh masyarakat. Efektivitas kepemimpinan didefinisikan oleh penulis sebagai produksi kebaikan sosial melalui peningkatan modal organisasi, memanfaatkan energi sosial dan menghasilkan perubahan nyata pekerjaan/real nilai/nyata.

Persiapan sebagai pemimpin

Para penulis menyatakan bahwa pemimpin harus mengevaluasi kekuatan dan kelemahan dari organisasi mereka dalam empat bidang utama:

  1. stakeholder kunci
  2. keuangan, sumber daya fisik
  3. organisasi karakter dan efektivitas
  4. komunitas karakteristik, layanan pelanggan

Sebuah organisasi nirlaba yang telah berdiri minimal enam bulan harus mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut dalam dokumen tertulis yang akurat:

  1. Prestasi besar apa yang telah dilakukan organisasi, bagaimana mereka muncul dan apa yang telah mereka hasilkan?
  2. Apa reputasi organisasi dalam komunitas dan bagaimana cara memperbaikinya?
  3. Bagaimana mengukur performa organisasi ?
  4. Apa yang telah dicapai organisasi dengan sumber-sumber daya yang dimilikinya?
  5. Bagaimana organisasi memanfaatkan sumber daya yang dimikinya?
  6. Berapa banyak orang dilayani organisasi? dan bagaimana itu mereka dilayani?

Dasar gaya kepemimpinan Lipman-Bluemen Tahun (1996)

  1. Pemimpin intrinsic berkonsentrasi pada visi dirinya dan visi organisasi.
  2. Pemimpin kompetitif didorong untuk mengalahkan pesaing.
  3. Pemimpin kekuasaan didorong oleh keinginan untuk mengontrol.
  4. Pemimpin kolaboratif menikmati kerja tim.
  5. Pemimpin Perwakilan mendorong/mentor lain
  6. Pemimpin Pribadi menggunakan pesona, kecerdasan, prestise, karisma sebagai alat utama untuk mencapai tujuan
  7. Pemimpin sosial jaringan ekstensif
  8. Pemimpin Mempercayakan memilih orang-orang yang mampu untuk delegasi

Organisasi nirlaba dan para pemimpin mereka harus menetapkan sesuatu yang kuat, basis dukungan yang besar dan luas. Pemimpin nirlaba harus membuat set harapan baru untuk organisasi mereka dalam rangka untuk menjaga organisasi tetap bersemangat, dalam pandangan umum dan untuk menciptakan memperluas basis dukungan dari waktu ke waktu.

 

Tantangan Kepemimpinan

Donald Terner telah mengajar perencanaan kota di Harvard, MIT dan Berkeley selama beberapa tahun. Satu penelitian tulisan mengungkapkan keprihatinan yang mendalam tentang kelangkaan perumahan yang terjangkau di Amerika Serikat. Dia sering mengutuk kondisi di mana banyak orang miskin yang tinggal di negara yang terkaya di dunia. Dia tahu bahwa di beberapa daerah, seperti San Francisco, harga rumah telah naik begitu tinggi sehingga guru sekolah dan petugas kepolisian pun tidak mampu membelinya. Terner pikir dia mungkin bisa melakukan sesuatu tentang masalah ini. Ia menerima posisi sebagai direktur Dewan Bantuan Perkotaan Kota New York Homesteading dan kemudian menjabat sebagai direktur California tentang pembangunan perumahan dan masyarakat di bawah Gubernur Jerry Brown. Pada tahun 1983, Terner meluncurkan program BRIDGE Housing Corporal. Dia mampu membuat jembatan antara pihak swasta, public dan pemerintah. Sektor ini dapat membangun rumah berkualitas tinggi untuk orang yang berenghasilan dianatara $12.000 sampai $25.000, dimana sebelumnya rata-rata orang tidak mampu membelinya. Program BRIDGE Housing Corporal kemudian menjadi salah satu program sukses besar dan menjadi cerita menarik tentang perumahan sederhana di Amerika Serikat. Terner mampu dalam waktu 13 tahun membangun rumah lebih dari 6000 unit atau setara nilainya 600 juta dolar. Lebih dari itu, unit-unit rumah ini dirancang dan dibangun dengan sangat baik, bertanggung jawab terhadap lingkungan dan berlokasi di dekat pusat kerja. Ini adalah perumahan yang membuat warga bangga. Bagaimana ia mampu mencapai hal seperti ini dalam waktu yang begitu singkat dibawah kesulitan ekonomi?
Kepemimpinan yang luar biasa adalah kuncinya. Don Terner adalah seorang yang terus bergerak , membawa semua bersama , mencari mitra , mengembangkan sumber dana baru , mengajak orang lain masuk kedalam. Seringkali ia menghadapi kendala dimana orang berikir itu hal yang mustahil. Tentu saja ada kemunduran satu atau dua langkah tapi kemudian ia maju beribu langkah. Banyak dari rekan-rekannya yakin bahwa dia bisa bergantung uponTeliably untuk menghasilkan keajaiban sehari, lebih pada beberapa hari. Satu Ford Foundation resmi mengakui bahwa terner sangat persuasif bahwa yayasan mungkin telah memberikan dia lebih dari dia minta. Dia mengilhami orang lain dengan visi, semangat dan fokus. Sebagai Profesor dia mengarahkan banyak siswa perencanaan kota menuju karir di perumahan yang terjangkau. Pada Perumahan BRIDGE ia terinfeksi orang lain dengan semangat dan bisa berbuat dan bersikap. Salah satu manajer sebuah fasilitas BRIDGE mengatakan terner membuatnya bangga dengan pekerjaan yang dia lakukan. Terner terinspirasi harapan dan optimisme ketika masalah tampaknya berat serta mampu dan membuat orang lain optimis untuk selalu siap dan tidak menyerah. Pinjaman dari Bank Dunia merupakan tantangan yang beresiko tinggi, kelihaian membujuk California Slate sehingga dapat berkomitmen meminjam $225 juta.
Dia juga benar-benar inovatif dan penuh pertimbangan, Marin City menyatakan, sebuah perumahan yang luar biasa, komersial dan komunitas proyeksi di California Utara. Dengan merancang sebuah pembangunan campuran, ia bisa menggunakan uang sewa dari properti komersial dan ruang kantor untuk setiap pelatihan kerja pelabuhan dan tujuan sosial lainnya. Dia juga inovasi dalam menciptakan 111 jasa, menyediakan pusat penitipan, mini parks, layanan kesehatan di beberapa sudut perumahan.

Kisah pribadi Terner akhirnya berakhir tragis. Dia meninggal dalam kecelakaan pada bulan April 1996, dekat Dubrovnic yang juga merenggut nyawa Sekretarisnya. Tapi warisan Don Terner semasa hidup terutama dalam kepemimpinan mengeloala Corporation BRIDGE sangatlah berarti karena ribuan keluarga yang tinggal di rumah-rumah itu selalu mengenangnya sebagai seorang yang tekun dan berdedikasi tinggi.

Don Terner adalah seorang pemimpin yang kuat dan efektif, tetapi ceritanya hampir tidak unik. Pikirkan setiap organisasi nirlaba yang besar yang telah bertahan dan berkembang selama lebih dari seratus tahun. Harvard University, Institut Seni Chicago, Gereja Mormon, Internasional Palang Merah, Bala Keselamatan atau Metropolitan Opera Association, misalnya dimana organisasi-organisasi ini telah didonori oleh sang pemurah hati, seorang profesional yang sangat berdedikasi dan berkemampuan tinggi. Tetapi hal penting untuk perlu dicatat bahwa mereka tidak akan mendapatkan keuntungan yang besar tanpa kepemimpinan yang luar biasa pada saat-saat penting dalam sejarah mereka. Lihatlah setiap organisasi yang sukses dan jawabannya akan sama. Mereka tidak bisa melakukannya tanpa kepemimpinan yang efektif, mempunyai kemampuan besar, mampu memberikan energi pada organisasi, yang memungkinkan untuk mencapai potensi ditengan perbedaan dalam masyarakat.

Apa itu Kepemimpinan?

Tanyakan kepada seratus pemimpin apa maksud dengan istilah “lead” ditempat masing-masing pasti mereka akhirnya akan menyuarakan beberapa tema beragam yang secara umum seperti table 1.1. dibawah ini:

Tabel 1.1 Efek dari perubahan pada organisasi nirlaba

kecenderungan utama Efek pada klien efek pada staf efek pada operasi dampak sosial
Perubahan demografi        
perkembangan teknologi        
kekuatan ekonomi        
nilai sosial politik        
perubahan negara Federal dan lokal        
Bidang amal        
Bidang swasta        

 

Contoh diatas dianggap mewakili arti kepemimpinan, dimana tema-tema tertentu terus berulang seperti tujuan, harapan, inspirasi, pengaruh, menata sumber daya, mempengaruhi perubahan. Kami juga menawarkan definisi tersendiri dimana seorang pemimpin sebuah organisasi nirlaba adalah seorang pemimpim masyarakat yang mempunyai modal, sumber daya intelektual yang akan membawa organisasi ke arah yang lebih baik. Lebih tepatnya:

ü  Menata sumber daya, mengumpulkan mereka, memfokuskan perhatian mereka, menginspirasi atau memberdayakan mereka.

ü  Pindah organisasi berarti menyegarkan energi, menghapus hambatan untuk kemajuan, membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan memungkinkan untuk belajar dan tumbuh.

ü  Arah yang tepat adalah salah satu yang membuat kontribusi terbesar mungkin dalam jangka panjang kepada masyarakat atau kepada klien tertentu atau masyarakat bahwa organisasi diciptakan untuk melayani.

Arah yang benar adalah menuju kebaikan yang lebih besar, yang kita menjelajahi di beberapa panjang lebar dalam bab berikutnya. Karakterisasi kami kepemimpinan juga merupakan penekanan dari buku ini. Ini terfokus pada tujuan utama dari pemimpin nirlaba yang membawa organisasi bergerak ke arah yang benar. Kami setuju dengan Kouzes dan Posner pernyataan (dalam Exhibit 1.1) bahwa tujuan utama para pemimpin adalah untuk membawa organisasi ke depan, untuk membuat kemajuan.

Beberapa Definisi Kepemimpinan menurut para ahli;

“Pemimpin adalah penjual harapan.” (Napoleon Bonaparte)

“Kepemimpinan adalah proses persuasi atau contoh di mana seorang individu (1 tim kepemimpinan) menginduksi kelompok untuk mengejar tujuan yang diselenggarakan oleh tim leader bersama oleh pemimpin dan pengikut nya. (John W.Gardner).

Pemimpin adalah individu yang secara signifikan mempengaruhi pikiran, perilaku, dan/atau perasaan orang lain.” (Howard Gardner)

Pemimpin adalah pelopor, mereka adalah orang-orang yang menjelajah ke wilayah yang belum dijelajahi, mereka membimbing kita ke tujuan yang baru dan seringkali kurang akrab, seorang yang memimpin adalah prajurit kaki dalam kampanye untuk perubahan, untuk memindahkan kita ke masa yang lebih baik. (James M. Kouzes dan Barry Z. Posner)

Dalam organisasi nirlaba yang lebih besar mungkin ada puluhan orang dalam peran kepemimpinan diatas. Sebagai contoh, Goodwill Industries adalah sebuah organisasi nasional dengan kepemimpinan nasional, tetapi masing-masing kota di mana ia beroperasi memiliki organisasi semi otonom yang dipimpin oleh Dewan Direksi dan Presiden. Di bawah tingkat kota itu mungkin ada pemimpin lain bertanggung jawab atas tanaman individu atau toko-toko.

Terlepas dari kepemimpinan atas biasanya ada orang lain yang latihan kepemimpinan di organisasi paling nirlaba. Misalnya, pikirkan menengah Gereja atau organisasi pelayanan manusia. Beberapa dibayar anggota staf mungkin memimpin Departemen kunci dan program, dan banyak sukarelawan tidak dibayar mungkin akan memimpin upaya penggalangan dana, perencanaan, atau tim dari penyedia layanan relawan. Para pemimpin ini juga berusaha untuk memobilisasi sumber daya untuk memindahkan daerah mereka tanggung jawab, yang merupakan bagian entitas yang lebih besar, dalam arah yang benar.

Kepemimpinan pernah menjadi bingung dengan manajemen atau (dministration dari sebuah organisasi nirlaba. Tanggung-jawab utama dari manajer adalah untuk mengoperasikan dan memelihara organisasi efisien, memastikan bahwa menyediakan layanan berguna untuk klien atau masyarakat pada biaya serendah mungkin. Pemimpin, meskipun selalu sadar akan arus operasi, lebih peduli dengan bangunan organisasi untuk masa depan maksudnya adalah, mengamankan sumber daya baru, mengembangkan kapasitas baru, posisi organisasi untuk mengambil keuntungan dari peluang yang muncul, dan beradaptasi dengan perubahan.
Memimpin dan mengelola adalah fungsi sangat berbeda. Mereka adalah dua hal yang terpisah mindsetnya dan dua hal yang berbeda keterampilannya. Karena manajer terutama bertanggung jawab untuk proses dan operasi, mereka kebanyakan tertarik pada apa yang perlu dilakukan dan bagaimana hal itu dapat dicapai. Sebaliknya, pemimpin yang bersangkutan dengan strategi dan arah, dengan mana organisasi harus menuju dan apa yang dapat dan harus lakukan di masa depan. Ini berarti bahwa perhatian manajer cenderung untuk hadir berorientasi, dengan satu mata pada biaya dan yang lainnya terhadap kinerja. Para leader peduli tentang nafkah juga, tetapi sebagian besar perhatiannya cenderung lebih luas.

 

Jelaslah bahwa jika kepemimpinan penting untuk sebuah organisasi, pemimpin harus memiliki waktu dan ruang lingkup untuk menjadi pemimpin dan harus mampu mengandalkan orang lain untuk sebagian besar tugas manajerial. Hal ini berlaku di semua organisasi tetapi terutama dalam konteks khas nirlaba.

khas karakter seperti pemimpin nirlaba

Setiap tahun beberapa buku baru pada kepemimpinan ini menjejalkan rak toko buku dan perpustakaan. Semua tapi beberapa dari mereka ditulis pemimpin dalam bisnis atau pemerintah. Meskipun organisasi nirlaba itu berbagi beberapa karakteristik dengan mereka perusahaan atau pemerintah saudara-saudara, mereka dalam banyak cara yang berbeda dan sekarang lhell sendiri khas kepemimpinan tantangan. Tujuan dari organisasi nirlaba adalah untuk meningkatkan kehidupan orang atau untuk mengatasi masalah-masalah masyarakat yang lebih besar. Meskipun bisnis berusaha untuk meningkatkan kebutuhan layanan mereka untuk tumbuh, banyak non keuntungan akan hanya terlalu senang untuk mengurangi atau menghilangkan kebutuhan untuk layanan mereka. Orang-orang secara sukarela berkontribusi waktu dan uang untuk organisasi-organisasi seperti ekspresi idealisme mereka dan keinginan untuk melayani kepentingan umum. Hal ini memiliki implikasi beberapa kepemimpinan. Tidak seperti bekerja di publik dan sektor swasta, yang mendapat banyak pekerjaan, dalam organisasi nirlaba dilakukan oleh orang-orang yang belum dibayar aktivitas memberikan diri untuk mencapai tujuan sosial. Sering sukarelawan ini adalah orang-orang yang sibuk dengan full time pekerjaan dan keluarga komitmen yang mungkin memiliki sedikit hubungannya dengan tujuan untuk nirlaba. Mereka tidak mencari pekerjaan lain, tetapi mereka yang mencari cara untuk mengungkapkan yang terbaik yang mereka dalam pelayanan kepada masyarakat mereka. Bahkan pegawai sering mempertimbangkan gaji mereka sekunder pendapatan psikis mereka berasal dari membantu orang lain kurang beruntung dibandingkan diri mereka sendiri.

Semua organisasi wajah perubahan dan tantangan dari pasukan sisi kendali mereka, tetapi banyak organisasi nirlaba tampaknya secara sensitif untuk mengubah. Untuk menguji Tesis ini, memilih perusahaan nirlaba apapun dan melihat tabel 1.1, mengidentifikasi perubahan di dunia luar yang secara langsung mempengaruhi aspek penting dari organisasi itu dan kemudian menempatkan cek di setiap kotak yang sesuai. Untuk mengilustrasikan, jika Anda berpikir tentang perubahan penting untuk jembatan perumahan, perubahan demografis akan mencakup peningkatan pasangan tua miskin, ibu tunggal, dan latchkey anak-anak; tren teknologi akan mencakup baru bahan bangunan dan desain; perkembangan ekonomi akan mencakup lebih banyak orang yang bekerja dari rumah mereka dan upah tekanan dari kompetisi global; tren politik akan mencakup dukungan pemerintah untuk perumahan berpenghasilan rendah; dan seterusnya. Hampir semua tren ini memiliki implikasi yang besar untuk klien, staf, dan operasi jembatan perumahan dan kemampuan organisasi untuk menyediakan perumahan untuk keluarga miskin.

masalah-masalah perhatian bagi pemimpin nirlaba:

  1. Meningkatkan jumlah pendonor , meningkatkan ukuran wakaf dan dana yang tersedia untuk tahunan operasi, atau mengelola aset ini saat masih mempertahankan tingkat tinggi pelayanan.
  2. Posisi organisasi, menetapkan arah, dan mengembangkan; upaya strategi untuk mencapai jangka panjang efektivitas terbesar, termasuk, kebutuhan masyarakat ‘benar’ ke alamat.
  3. Mengukur efektivitas, terutama jangka panjang yang nyata menguntungkan CO masyarakat kegiatan organisasi
  4. Mendirikan sesuai Direksi yang meliputi masyarakat keragaman dan kebutuhan dan mempekerjakan anggota Dewan secara efektif untuk mencapai misi organisasi
  5. Aliansi dan koalisi dengan organisasi lain dan con stituencies dalam sektor publik, swasta dan nirlaba dan mengelola hasil berbagi tanggung jawab.
  6. Menyediakan komunitas aktif kepemimpinan dalam membangun konsensus, membahas masalah-masalah sosial dan mempromosikan filantropi dan kesukarelaan.
  7. Pegawai , berkembang , memotivasi dan efektif dan pemimpin manajer , pro-fessional dan staf
  8. Meningkatkan kualitas program atau meningkatkan tingkat kepemimpinan, laki-laki-agement, dan masyarakat dampak program.
  9. Merancang atau memastikan internal infrastruktur tepat-% u2014that adalah, efektif organisasi dan proses, termasuk penggunaan yang tepat dari teknologi informasi untuk memastikan efektivitas biaya operasi.
  10. Menjaga hubungan baik dengan penting luar konstituen-termasuk hubungan dengan calon donor, media, pemerintah daerah, dan seterusnya untuk memastikan visibilitas dan iklim yang menguntungkan dari opini public.
  11. Beradaptasi dengan perubahan dalam undang-undang pajak, kebutuhan masyarakat dan harapan, politik, dan faktor-faktor ekonomi, ianya jelas dari daftar ini bahwa pemimpin nirlaba harus mampu
  12. Mendamaikan tuntutan yang saling bertentangan klien, sektor publik dan swasta mitra, donor, relawan, dan lain-lain dan menyelaraskan energi mereka mengejar dari layanan sosial berguna.
  13. Inspire kepercayaan, keyakinan, optimisme di antara mereka yang peduli tentang sosial mengeluarkan dan bersedia untuk sukarela waktu atau uang untuk membantu mengatasi itu.
  14. Pastikan bahwa organisasi itu secara finansial suara, etis di atas mencela, dan sepenuhnya bertanggung jawab kepada masyarakat melayani.
  15. Posisi organisasi untuk masa depan dalam menghadapi tantangan yang parah sumber daya yang terbatas dan sering perubahan dalam lingkungan eksternal; mencapai ini melalui fleksibilitas, strategi yang inovatif dan cepat adaptasi terhadap ancaman dan peluang.
  16. Mengembangkan pemimpin di papan, di bagian lain dari organisasi, di antara para relawan, dan masyarakat untuk membawa pada karya organisasi.

 

Para pemimpin Nirlaba setiap saat terfokus empat berikut:

  1. Dalam organisasi, di mana pemimpin berinteraksi dengan papan, staf dan relawan untuk menginspirasi, mendorong, bergairah, dan memberdayakan mereka.
  2. Di luar organisasi, di mana pemimpin mencari bantuan atau dukungan dari donor, grantmakers, Sekutu potensial, media, atau pemimpin lain dalam bisnis atau sektor publik.
  3. Pada saat operasi, di mana pemimpin yang bersangkutan memberikan kualitas layanan pada klien dan masyarakat dalam struktur organisasi, sistem informasi dan aspek-aspek othei efektivitas organisasi.
  4. Pada kemungkinan masa depan, di mana pemimpin mengantisipasi tren dan perkembangan yang cenderung memiliki pemikiran penting untuk arah masa depan organisasi.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: